MikroBits merupakan perangkat Router berbasis Mikrotik x86 yang didesain untuk menghandle jaringan dengan traffic yang sangat tinggi. Terdapat beberapa type Mikrobits yang dirilis seperti MikroBits Ainos dan MikroBits Dinara. Bahkan saat ini sudah sampai di versi ketiga dengan upgrade hardware yang lebih mumpuni.

MikroBits versi 3 dirilis dengan tambahan port 10G atau SFP+ yang tidak ada pada versi sebelumnya. Port SFP+ ini bisa membantu dan menambah pilihan konektivitas yang digunakan pada MikroBits ini. Varian router MikroBits di versi 3 ini secara default sudah memiliki port yang cukup banyak, dimana MikroBits Ainos memiliki 8 port gigabit dan 2 port SFP 10G. Sedangkan MikroBits Dinara sudah memiliki 8 port gigabit ethernet, 8 port SFP 1G, dan 2 port SFP 10G.
Yang menarik dan berbeda dari versi sebelumnya, pada MikroBits versi 3 terdapat slot PCIe.  Slot PCIe bisa digunakan menambah port bawaan dengan memasang modul SFP extended. Berikut perangkat modul SFP Extended yang bisa digunakan : Mikrobits Extended Module 8 SFP

Modul tersebut memiliki 8 port Gigabit SFP yang support untuk MikroBits Ainos V3 dan MikroBits Dinara V3.

Untuk MikroBits Ainos kita dapat mengisi panel yang kosong yang tersedia. Sedangkan untuk MikroBits Dinara, kita dapat mengganti Slot PCIe untuk SFP+ yang sudah terpasang. Lalu menggantinya dengan modul SFP extended apabila ternyata kebutuhan dijaringan kita lebih membutuhkan tambahan 8 Port Gigabit SFP daripada dua port SFP+.
Selain dapat digunakan untuk menambah kapasitas ketersediaan port pada perangkat MikroBits kita, SFP module extended ini juga dapat kita gunakan untuk melakukan replace SFP Module yang tersedia apabila terjadi kerusakan port.

Langkah-langkah pemasangan atau pergantian modul SFP Extended adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan perangkat Mikrobits Dinara atau Ainos menggunakan versi routerOS diatas versi 6.47 dan dalam keadaan mati.
  2. Jika menggunakan MikroBits Ainos, gunakan slot yang kosong dengan membuka sekrup dibagian depan berlawanan arah jarum jam.
  3. Jika menggunakan Mikrobits Dinara, kita bisa menggunakan slot yang terpasang SFP+ dan menggantinya dengan modul SFP yang baru.Untuk membuka sekrup bisa memutarnya berlawanan arah jaruh jam.
  4. Ganti atau tambahkan module SFP extended, dan pastikan penutup connectornya sudah dilepas.
  5. Jika sudah dipastikan posisi pemasangan pas, dorong module extender hingga casing modul benar-benar rapat dengan casing perangkat MikroBits.
  6. Kencangkan sekrup penutup dengan memutar sekrup putih searah jarum jam.
  7. Nyalakan kembali perangkat MikroBits Dinara atau Ainos, kemudian remote dengan menggunakan winbox.
  8. Selanjutnya upload package patch perangkat MikroBits.
  9. Install patch dengan cara melakukan reboot perangkat dengan mengakses menu System>Reboot (soft-reboot).
  10. Kemudian apabila perangkat sudah kembali hidup, silahkan reset perangkat router dengan mengakses menu System>Reset-Configuration dan pastikan parameter “No Default Config” tidak tercentang
  11. Setelah proses reset configuration selesai maka proses pergantian modul sudah selesai. Cek ulang jumlah interface yang terpasang dan pastikan interface sudah terdeteksi di menu Interface List.

Dengan pergantian atau penambahan modul SFP ini, maka jumlah interface pada router juga akan bertambah. Anda perlu menambahkan patch MikroBits agar port baru yang ditambahkan ke router bisa bekerja dengan baik dan terurut.
Cek ulang apakah semua port sudah bekerja dengan baik, dengan melakukan testing setiap port menggunakan kabel ke semua port yang terpasang.

File patch ini hanya bisa digunakan saat MikroBits menggunakan versi routerOS diatas 6.47. Untuk mendapatkan file Pacth MikroBits, anda bisa mengirimkan email ke layanan@mikrotik.co.id dengan menyebutkan Nama perangkat dan SN perangkat MikroBits yang dimiliki.

Secara garis besar, anda bisa menggunakan SFP Tranceiver 1G MikroBits untuk dipasangkan pada port yang sudah ditambahkan. Penjelasan mengenai pemilihan SFP yang tepat bisa dilihat pada video berikut ini SFP USAGE (OPTICAL FIBER) – MIKROTIK TUTORIAL

List SFP MikroBits bisa dilihat pada link berikut ini Mikrobits Fiber SFP & Patch

Categories: Tips & Trick

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Us !
1
Glad to see you
PT. Netzen Media Akses
Glad to see you back,
Any questions about our services?
I'll be happy to help.

Regards,
PT. Netzen Media Akses